Sabtu, 21 Juli 2012

Manfaat Makan Malam Bersama Keluarga


Makan malam bersama keluarga. Ada begitu banyak manfaat dari acara makan malam bersama keluarga. Tidak hanya sekadar untuk memuaskan rasa lapar, tapi untuk memupuk rasa kebersamaan dalam keluarga.  Setiap anggota keluarga yaitu anak-anak dan orang tua dapat menjaga hubungan dengan bertukar informasi terbaru selama acara makan malam keluarga dalam hal masalah sekolah, pekerjaan, kehidupan keluarga dan pertemanan.
 Makan Malam Bersama

Beberapa manfaat yang bisa diambil dari acara makan malam bersama keluarga antara lain sebagai berikut :
1.   Mempererat anggota keluarga
Mendiskusikan kegiatan sehari-hari dalam pertemuan makan malam bisa mempererat hubungan dalam anggota keluarga. Menjadwal waktu pertemuan keluarga secara khusus untuk mendiskusikan rencana,kebutuhan,dan menyelesaikan persoalan dapat menjadi hal yang sulit. Saat makan malam,keluarga dapat menemukan solusi alami untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut.
2.   Membangun identitas keluarga
Banyak keluarga berjuang mencari waktu untuk bisa duduk bersama keluarga, untuk berdiskusi atau sekadar bertemu. Kegiatan ini bila dilakukan secara rutin akan memberikan perasaan positif, bahwa keluarga mereka adalah keluarga yang utuh.
3.   Memberikan dampak positif bagi anak
     Menurut Studi dari Colombia AS, anak-anak yang tidak melakukan makan malam dengan keluarganya, 61% anak-anak tersebut rentan untuk terlibat dalam kehidupan bebas dan pemakaian obat terlarang.
Kontrasnya,anak-anak yang melakukan makan malam dengan keluarganya setiap malam sepanjang minggu 20% lebih sedikit terlibat dalam mabuk-mabukan, rokok atau memakai obat-obatan terlarang.
Anak-anak yang makan dengan keluarga mereka juga memiliki sikap yang lebih positif tentang masa depan mereka
4.   Mengajarkan sopan santun di meja makan.

Menjadi kesempatan yang baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak-anak mereka sopan santun di meja makan. Jika anak-anak tumbuh tanpa tata krama di meja makan, itu akan menciptakan banyak masalah bagi mereka dalam keberhasilan masa depan mereka.

5.   Lebih hemat.

Membeli makanan tentunya mengeluarkan biaya lebih besar daripada makanan yang disiapkan di rumah. Sehingga, ini akan menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

6.   Meningkatkan cita rasa anak-anak.

Makan bersama berarti memasak makanan yang umum untuk seluruh anggota keluarga. Dengan cara ini, anak mengenal makanan baru dan tidak menjadi rewel tentang pilihan makanan.

7.   Memantapkan kehidupan keluarga.

Dengan rutinitas makan malam bersama membantu anak-anak menemukan organisasi dan kemantapan dalam kehidupan keluarga mereka. Makanan keluarga secara teratur memberikan anak-anak rasa yang normal dan mereka dapat menikmati saat-saat ini setiap hari.

8.   Mendorong setiap anggota untuk belajar menerima pendapat yang lain
     Ketika keluarga yang melakukan makan malam bersama terlibat dalam berbagai topik pembicaraan, keluar berbagai macam pendapat. Setiap orang mendengarkan dan juga bisa memberikan masukan untuk solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Komunikasi tumbuh semakin kuat dan sehat. Selain itu, para anggota keluarga belajar menerima pendapat anggota keluarga yang lain.
Ada pepatah mengatakan, bahwa segala persoalan dapat tuntas diatas meja makan. Makanya banyak deal bisnis dilakukan sambil makan siang. Lobi-lobi proyek juga banyak dilakukan sambil makan. Jamuan untuk tamu terhormat juga biasanya saat makan bukan.
Kegiatan ini seharusnya bisa menjadi agenda harian bagi para keluarga. Sayangnya, tuntutan jaman yang semakin tak terarah menghilangkan kebiasaan baik ini. Kemacetan di jalan, rapat dadakan, acara televisi, kesibukan dan aneka kegiatan lainnya juga turut melunturkan agenda makan malam. Padahal dulu ketika masih ’’pedekate’’ bukankan Anda suka dengan yang namanya makan malam bersama dengan keluarga sang calon? Mengapa itu tidak dipertahankan? Oleh karena itu,mari kita biasakan lagi makan malam bersama dengan keluarga.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar